Sabtu, 23 April 2011

Kamboja dan Thailand lagi-lagi berselisih mengenai teritorial daerah candi kuno Preah Vihear. Pasukan kedua negara bertetangga ini terlibat bentrok di perbatasan, sekitar 200 kilometer barat candi, Jumat (22/4) pagi.
Bentrokan tersebut dimulai sekitar pukul 06.15 di sekitar Candi Ta Krabey di Provinsi Udor Meanchey, perbatasan Kamboja dengan Thailand. Pertikaian kedua negara itu kemudian meluas hingga ke dekat Candi Ta Moan. Phay Siphan, juru bicara Kantor Dewan Menteri Kamboja, mengatakan pertempuran ini berlangsung selama satu jam.
Media Thailand melaporkan, penduduk sebuah desa di provinsi perbatasan Surin dievakuasi setelah terkena tembakan artileri oleh pasukan Kamboja. Beberapa saksi mata mengatakan, mereka melihat beberapa tentara terluka dalam pertempuran ini.
Ini bukanlah bentrokan pertama. Pada Februari silam, selama beberapa hari, militer Thailand dan Kamboja terlibat bentroakn bersenjata. Pertempuran kecil ini terkait masalah wilayah perbatasan yang disengketakan [baca: Thailand-Kamboja Masih Bersitegang].(DES/JapanToday)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar